Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TDA7294 Power Amplifier


Hello gais divideo kali ini saya akan melanjutkan power amplifier TDA7294 yang kemaren, menggunakan komponen SMD yang disolderkan di JLCPCB, berikut penampakan PCB yang sudah jadi. 

PCB ini tidak banyak perubahan dari skema yang ada di datasheet IC. menggunakan full komponen SMD kecuali Elco decoupling, dan IC nya. dengan dimensi yang sangat mungil apakah power amplifier TDA7294 dengan menggunakan PCB ini mampu mengeluarkan daya yang tertera pada datasheet setidaknya daya yang dihasilkan di 70W dengan rujukan dari datasheet atau 100W dengan rentang waktu 1second jika menggunakan sinyal burst. nanti akan kita coba load juga untuk membuktikannya.

Untuk IC nya ini saya menggunakan IC TDA7294 ori dengan harga kisaran 50rb nanti untuk link pembelian IC juga saya taruh di deskripsi apabila benar2 ori. biasanya kalau ic kw itu disupply diatas 30VDC CT sudah njebluk.

selanjutnya 2 elco 1000uF 35V. dan 2 pin molex untuk input. 

oke langsung saja kita rakit .

kit power amplifier TDA7294 sudah jadi cukup mudah bukan hanya memasang beberapa komponen sudah siap untuk dites, selanjutnya kita pasang heatsink. untuk penggunaan heatsink ini lebih besar lebih baik. jangan lupa memasang isolator heatsink dan juga isolator baut.

Pasang kabel Input power supply. ini saya solderkan langsung. kemudian pasang juga kabel output speaker.

sebelum lanjut pengetesan saya akab berbagi tutorial lagi cara melalukakan PCBA di JLCPCB.

Oke kita lanjut lagi pengetesan. Ini sudah saya rakit, pertama saya menggunakan trafo besi 5A tegangan 25VAC CT, menggunakan Elco 2x 10000uF. outputnya saya lewatkan dahulu ke power meter.


nanti tegangan psunya ada disini, tegangan +- bukan ke ct.  bawah nya arus keluaran bawahnya lagi untuk daya keluaran.  dan power meter atasnya untuk power meter AC 220V. voltmeter ini untuk keluaran tegangan amplifier.

 kemudian ini untuk arus keluaran. untuk input saya ambil langsung dari audio genertor di frekwensi 1kHz. dan sinyal tegangan keluaran bisa dilihat di oskiloskop warna kuning .pertama saya load di beban 8 ohm. oke langsung saja kita inject berapa keluaran di 8 ohm. di 8 ohm kita dapat keluaran.

dan ini jika tanpa beban output tegangan hampir titik klip. 23.5V dan jika diberi beban makan output akan clip, tegangan turun sampai 20V. 

temperatur heatsink kisaran 55derajat celcius saat kita load tadi.

selanjutnya akan saya tes di beban 4 ohm. dibeban 4 ohm kita dapat tegangan 14,8V dengan arus 3.51A daya keluaran 52W,  dan tegangan inputnya drop di 51V daya yang dikeluarkan catu daya di 82W. jadi efisiensinya kisaran 63.5%. 

Efisiensi amplifier menurun dibanding yang 8 ohm, dan suhunya juga meningkat hingga 74 derajat celcius. karena drop tegangan masih banyak saya akan mengganti menggunakan SMPS. ini saya menggunakan SMPS produk Syaelend Tech yang micro gurem, output nya bisa diset mulai dari 31VV hingga 40VDC CT. SMPS ini bisa untuk 2 sampai 4 amplifier TDA7294 ini, harganya juga cukup murah dibanding kita menggunakan trafo besi, pengerjaan juga lebih cepat karena sudah gak perlu nambah diode dan elco seperti halnya trafo besi. SMPS ini juga low ripple serta low noise, kalau digunakan untuk amplifier malah jarang dengung karena beroprasi di freq tinggi, kalau trafo besi bekerja di 50Hz, apabila perakitan yang kurang pas kedalam box, bisa menimbulkan suara dengung. dan untuk link pembelian SMPS ini saya cantumkan di deskripsi juga.

oke ini power supply sudah saya ganti smps syaelend tech micro gurem. pengukuran masih seperti tadi , untuk beban amplifier saya taruh di 4 ohm.

kita nyalakan dulu smpsnya, nah ini tegangan di 71VDC +- atau skitar 35.5VDC ke GND, tegangan SMPS akan saya miripkan dengan yang trafo tadi di kisaran 66.9V, dan tegangan SMPS ini sudah teregulasi jadi output nya akan stabil apabila input AC 220 nya naik turun. 

Selanjutnya langsusng saja kita injek inputnya, berapa daya yang dihasilkan di beban 4 ohm. output sebelum klip di 17.23V dengan arus 4.31A jadi daya keluaran 74.2WRMS daya nya naik dibanding tadi menggunakan trafo besi. daya yang dikeluarkan SMPS 115W , jadi efisienya di 64.5% efisiensi amplifier malah naik 1% dari yang menggunakan trafo. tapi tadi sempat nglimit karena suhunya meningkat cepat karena diload sinus kontinyu. dan ini saya load tanpa kipas. artinya chip ini memang sudah masuk dan sesuai dengan datasheet. 

Sekarang akan saya coba naikkan tegangan smps, di 79.6V atau kisaran 39.8V ke gnd. kalau didatasheet itu mampu 100W dalam 1second, jadi cuman sak tul saja, kalau ini saya test kontinyu malahan. 

oke kita coba inject. output clip di 22V, di 21.5V klip sedikit, dan di 20.49V output masih sinus mulus, dengan keluaran arus 4.8A, jadi outputnya 98.3W, tapi hanya sekian detik amplifier sudah nglimit. kalau pakai speaker pasti suara nya putus2, ini karena tanpa kipas, kalau ini pakai sinyal burst pasti bisa mencapai 100W, yang artinya chip ini bisa dikatakan original, rekomendasi pokoke.

selanjutnya test musik, 

suaranya top, jernih gak ada dengung, mantap pakai smps syaelend yang micro gurem, sangat cocok untuk kit ini. trimakasih sudah menonton video saya, smoga bermanfaat, jangan lupa untuk klik like share dan subscribe. 





Post a Comment for "TDA7294 Power Amplifier "