Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Troubleshooting Class-D UcD Superlite NX

Beli PCB: https://shope.ee/3Kp8lxHi2C

Troubleshooting Class-D UcD Superlite NX Mengatasi masalah pada amplifier class-D UcD Superlite NX. karena amplifier ini tergolong baru desain dari Bapak Kartino Surodipo, jadi akan terus saya update untuk kendala saat merakit UcD Superlite NX.

Suara serak pada class-D UcD Superlite NX

Pertama bisa disebabkan dari kualitas komponen terutama pada IC TL072. 

Bisa diganti IC TL072 , 

kemudian kualitas BC556 dan C3503.

dan juga kapasitor , pada bagian input balance gunakan kualitas bagus, dan sesuai dengan label pada PCB.

C 2n2 c30 bisa dicoba dilepas, kalau dilepas masih serak bisa dinaikkan R11 R7 bertahap sampai 4K7, tapi dengan menaikkan R11 dan R7 , menjadi kurang dinamis, dan speed semakin turun , untuk menaikkan bisa diperkecil C9 dan C17. atau mengurangi nilai kapasitansi C LPF serta induktornya. C LPF bisa menggunakan 470n atau 680n minimal 200V.

Dead time kurang rapat, standart R dead time 220ohm R20 dan 47ohm R19, kalau menggunakan mosfet berat bisa dinaikkan R19 hingga 120ohm

riple terlalu besar lebih dari 3Vpp, atau kurang dari 1Vpp.


selain disebut diatas sebisa mungkin sama nilainya dengan PCB. 


Suara masuk meski pot volume di 0 kan, cek R71 R9 apakah sudah benar, cek R1 R4 R3 R2. cek resistansi pin 5 ,  2  ic ke gnd skitar 4K7. kalau 0 ohm cek ic nya, atau dilepas dahulu icnya.

Apabila ic sudah dilepas tapi, masih 0 ohm cek, solderan pada jalur mungkin ada yang short ke gnd. atau mungkin pad bagian atas solderan konek ke gnd.

 

jadi pin 5 , 2, tidak boleh short ke gnd. untuk memastikan wajib dicek satu2 pada tiap pad. biasanya ada ccat cetak atau saat pemasangan komponen terlalu dipaksakan sehingga merusak throughole yang akhirnya nyerempet kena ground, atau pas nyoldernya dari atas ngerusak masking dan konek kegnd. ini juga mengakibatkan dco susah diatur.


Untuk DCO yang susah diatur, atau tidak bisa 0V, bisa diturunkan salah satu nilai R 29 R30 misal yang diturunkan R29 , malah dco naik berarti R30 yang diturunkan nilainya R29 sesuai label, dan sebaliknya. biasanya IC kurang bagus bisa menyebabkan DCO, jangan lupa cek tegangan opamp 12V langsung ke kaki ic apakah terbaca normal tegangannya dan sebisa mungkin seimbang antar +-  ke gnd. kemudian cek juga trimpot dco apakah berfungsi normal.


2 comments for "Troubleshooting Class-D UcD Superlite NX"