Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Driver SOCL SMD CT 90VDC

 


Helo gais dipost kali ini saya akan membuat power amplifier OCL   basik skema saya pakai driver socl 504,desain layout driver saya gunakan komponen smd,  cm. yang bisa duspply hingga 90VDC CT atau 180VDC + -.  berikut pcb nya, pcb ini saya order dari jlcpcb.com, pcb saya order menggunakan fitur panelize 3x3 sehingga 1 pcb bisa dapat 9 pcb driver. dimensi driver OCL ini 3,1cm x 3.3cm. bagi teman2 yang pengen download pcb layout, skema dan juga daftar komponennya bisa didownload link yang ada akhir post.

lanjut kita rakit drivernya, siapkan pcb, bisa diberi solasi atau bisa menggunakan clamp pcb supaya tidak mudah geser2 saat memasang komponen smd maupun menyoldernya, karena ukuran yang begitu kecil. untuk penyolderan saya menggunakan solder uap, untuk timahnya bisa menggunakan timah cair supaya lebih mudah. letakkan timah cair dipad komponen, kalau pengen lebih mudah bisa menggunakan smd stencil yang bisa diorder barengan lewat jlcpcb.

kemudian, persiapkan komponen smd sesuai daftar komponen. 

setelah itu pasang komponen ke pcb, nilai komponen sesuaikan dengan yang pcb yang sudah didownload, kalau video ini ada penyesuaian sedikit nantinya. 

kalau sudah terpasangn semua komponen , baru kita solder menggunakan solder uap atau blower, sebetulnya kita juga bisa menggunakan layanan smt service di jlcpcb untuk penyolderan komponen smd seperti ini, 

oke setelah komponen smd tersolder , baru kita pasang komponen throughole dibaliknya,  elco rail supply bisa menggunakan 22-100uF 100V, kalau voltase elco bisa disesuikan tegangan supply.

trimpot DCO ini lebih bagus menggunakan Trimpot multiturn, agar lebih lebar untuk menyeting DCOnya.

pasang transistor driver disini, saya menggunakan tr driver C4793 dan A1837, di sisi kanan untuk PNP atau A1837nya, dan sisi kiri untuk NPN atau C4793. 

untuk wiringnya ini tidak saya pasang skun ataupun soket, tapi kabel disolder langsung, sesuai label yang ada di PCB.

Hitam untuk tegangan min supply, hijau ground/CT, dan merah +/, untuk kabel speaker bisa dipasang dari sini +SP dan ground.


lanjut saya akan pasang transistor final satu set saja , untuk memastikan power sekecil ini bisa bunyi dahulu atau tidak, kalau satu set ini menggunakan 90VDC masih bisa asalkan beban maksimal 8 ohm. kalau dibawah 8 ohm rawan short finalnya.

untuk final transistor saya menggunakan transistor 2SC5200 dan A1943. dan r basis menggunakan 4.7R 1W,  serta  R Kapur 5W 0.22ohm. Gunakan transistor final yang original jangan yang abal2, teman2 bisa mencari part original di utsource.net, di utsource.net ini terdapat banyak sekali komponen dan pastinya berkualitas, 

 kemudian jangan lupa siapkan heatsink atau pendingin juga.

pasang tr driver ke pendingin finalnya juga.

kemudian pasang transistor final, kiri ini untuk NPN dan kanan PNP,

karena ini test dahulu, jadi sesuaikan penempatan kaki tr yang masuk ke driver , Basis NPN tertera di PCB B+ dan basis final PNP B-, dan diseri tesistor 4.7Ohm.

untuk kolektor bisa disambung ke tegangan supply + untuk C5200 dan - untuk A1943

kemudian Emitor di seri menggunakan R 5W 0.22ohm, dan masuk ke PCB yang berlabel E.

Oke amplifier sudah jadi, bisa kita tes, untuk psu nya saya menggunakan SMPS 90VDC CT, by syaelend tech .

pasang kabel  amplifier ke SMPS, ini juga saya pasangi voltmeter untuk memonitor tegangan DC Supply , oke kita nyalakan dahulu SMPSnya, ini tegangan terbaca 184V, karena ini bisa diadjust tegangan outputnya jadi bisa kita set ke 180V atau CT  sekitar 90VDC

oke amplifier ini sudah keasaan menyala, pertama set dahulu dco , putar trimpot dco. seting dco hingga minimum atau skitar 0mVDC.

setelah itu kalau menggunakan trimpot biasa seperti ini, atau tidak multiturn, ini agak susah untuk set di 0mV, karena diputer dikit aja sudah rubah banyak, beda kalau pake multitun bisa lebih lebar setingnya. 

Oke lanjut kita tes suaranya dahulu, ini saya pasang speaker menggunakan speaker 15 inch dan 6 inch, 

kemudian saya pasang kipas untuk tr finalnya , tegangan saya ambil dari ekstra 12V smps.

suarany bening tidak ada noise ataupun hum. joss wes.

lanjut kita coba test load, speaker saya pindah dahulu ke beban daummy load, 

beban saya menggunakan resistor dummy di 8 ohm, kalau di 4 ohm terlalu mepet keluaran arusnya denga transistor final yang saya gunakan hanya 1 set. kalau hanya hitungan mS mungkin masih bisa, nanti  akan test juga  di 4 ohm. 

untuk pengukuran saya pasang volt meter ac di output dan juga osciloscope, dan tang ampere AC di output,

untuk input audio saya ambil dari audio generator dengan frequency 100Hz.

langsung saja kita buka volumenya berapa daya yang dihasilkan di 8 ohm.

Tegangan keluaran sebelum klip di 56.26VAC, dengan arus .6.65A, jadi daya yang bisa dihasilkan di 8 ohm yaitu 374W RMS.

daya AC PLN yang dikeluarkan 611W, efisiensi dayanya yaitu 374/611x100%= 61% total efisiensi daya amplifier dan smps 

lanjut kita buktikan load 4 ohm,  beban saya rubah ke 4 ohm dahulu. 

buka volumenya lagi. apakah aman di 4 ohm? dengan hanya menggunakan transistor 1 set,

output sekitar 33V dengan arus 7.6A. mosfet sudah jebol. artinya, untuk penggunaan di 90VDC beban 4 ohm minimal gunakan 2 set transistor final. kalau lebih malah lebih bagus. final transistor ini kemaren saya beli dengan harga 30rb an. sudah termasuk bagus, memang kalau 4 ohm hanya dengan 1 set masih kurang dan rawan jebol seperti ini.

kalau di beban 8 ohm sangat aman, aslakan ditambah kipas di pendingin,

divideo selanjutnya akan saya tambahkan beberapa transistor final lagi, dan akan  tes  di 2 ohm, supaya dapat minimal 1000W RMS.

Download

PCB GERBER, BoM, Schematic, CPL Files








2 comments for "Driver SOCL SMD CT 90VDC"