Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara SMT Assembly atau PCBA JLCPCB

 Helo gais divideo kali ini saya akan tutorial bagaimana cara membuat PCB yang sudah tersolder komponen SMD menggunakan layanan PCBA atau PCB Assembly di JLCPCB. Seperti berikut contoh PCB yang menggunakan layanan PCBA dari JLCPCB. 

Sebenarnya saya sudah pernah tutorial SMT assembly videonya kisaran 3 tahun lalu divideo ini. nanti akan saya tutorialkan lagi karena tampilan yang terbaru dari JLC lebih komplit dengan desain PCB dari EasyEDA.com

dan ini contoh PCBA dari JLCPCB, hasilnya sangat memuaskan, kita sudah tidak perlu repot2 lagi menyolder komponen SMD, karena yang dikeluhkan DIYers jika kit menggunakan komponen SMD itu rata2 saat penyolderan komponen. Karena dimensi komponen yang kecil sehingga pemasangan dan penyolderannya pun litu ebih susah daripada menggunakan komponen DIP/throughole.

Hasil penyolderan dari JLC ini juga sangat rapi kualitas PCB juga. dan pemasangan komponen juga sesuai dengan desain yang saya buat. 

Untuk membuat PCB yang sudah tersolder komponen SMD seperti ini, saya menggunakan EasyEDA untuk mendesain PCB Layout. Karena Easyeda ini sangat kompatible dengan JLCPCB, sehingga kita mudah mendapatkan file2 yang diperlukan untuk melakukan PCB Assembly.

3 file yang dibutuhkan itu ada Gerber (PCB Layout desain), BoM atau bill of materials atau daftar komponen, dan yang terakhir file CPL atau Pick and Place Komponen/ data tata letak komponen yang akan dipasangkan ke PCB. 

oke langsung saja pertama kita masuk ke EasyEDA akun. 

pertama buat dahulu skema / rangkaian yang diinginkan.   hal yang perlu diperhatikan adalah mengambil library komponen dari LCSC atau JLCPCB Assembled. hindari pengambilan komponen dari User Kontribusi.  Pemilihan komponen bisa kita pilih sesuai harga yang diinginkan yang nantinya akan dipasangkan ke PCB.

Disini saya tidak akan menjelaskan lebih detail untuk pembuatan skema, karena saya juga pernah membuat tutorial membuat skema , dan pcb gerber file di EasyEDA ini. berikut ini adalah skema dasar power amplifier TDA7293/TDA7294. 

Kalau skema sudah dibuat dengan menggunakan komponen SMD yang kita inginkan. Langkah selanjutnya mendesain PCB Layout. untuk desainnya ini juga sudah saya siapkan. sma seperti PCB awal tadi. komponen smd saya menggunakan packaging 1206. kalau untuk resisto 1206 ini setara dengan resistor 1/4W yang ukuran normal / througholenya. 

Kalau PCB sudah siap dicetak, langsung saja generate 3 file nya,
pertama generate file gerber
bom dan juga pick and place.

kalau ke tiga file tersebut sudah didownload , langsung saja kita pergi ke situs JLCPCB.com. karena saya sudah login ke EasyEDA jadi sudah gak perlu lagi login ke JLCPCB.

sebelum kita order smt assembly, kita cek dahulu kapabilitas untuk SMT assembly. 

Post a Comment for "Cara SMT Assembly atau PCBA JLCPCB"