Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara cek sinyal gate mosfet Class-D maupun SMPS yang benar

 Hello gais divideo kali ini saya akan tutorial bagaiamana cara membaca sinyal gate dari smps maupun class-d amplifier menggunakan oscilloscope, serta membaca dead time mosfet yang benar, atau waktu mati mosfet pada smps maupun class-d. yang menggunakan topology halfbridge maupun fullbridge. 

untuk pembacaan sinyal pastinya menggunakan osciloscope, tapi osciloscope untuk pembacaan deadtime itu antar channel wajib terisolasi  atau  floating channel, atau bisa juga menggunakan differential probe. 

Kalau ini saya menggunakan Osciloscope Tektronix THS3014 4 channel yang ke 4 4 nya itu fully isolated dan floating channel, artinya setiap channel ini bebas di colokkan kemana saja, misalkan channel 1 untuk mengukur AC220V channel 2 untuk mengukur PWM SMPS channel 3 untuk mengukur output amplifier, channel 4 untuk mengukur audio input itu sangat bisa asalkan tegangan dibawah 600V. kalau kita ukur resistansi gnd probe nya antar channel itu tidak terbaca ya.

Karena sudah terisolasi antar channel, maka kita bisa mengukur sinyal gate langsung ke kaki source gate mosfet, langsung ke bagian high low side mosfet probe gnd ke source dan probe + ke kaki gate langsung. Kalau untuk osi biasa itu hanya bisa mengukur 1 mosfet saja ke gate source mosfet.kalau dua probe langsung pasti dor, karena gnd probe tersambung, source mosfet high logh sama dengan short, duar njebluk. solusi kalau pakai osi pada umumnya, itu gnd probe wajib satu referensi bisa ke gnd / tegangan, tapi untuk pembacaan sinyal tidak akan bisa karena amplitudo yang kebaca tidak seimbang, yang amplitudonya sama dengan supply utama itu   kita tidak bisa menentukan waktu on dan off mosfet. tapi untuk melihat sekilas atau mengecek satu persatu ke Source gate mosfet itu masih menggunakan satu probe. Nanti juga saya bandingkan pengukuran 2 channel referensi sama2 ke gnd atau teg,min serta 2 channel langsung ke Source gate mosfet

Jadi ini untuk pembacaan yang sebenar2nya pada sinyal gate mosfet dan kita bisa kalkulasi waktu on mosfet high atau waktu off mosfet low dan sebaliknya secara bersamaan. sehingga bisa kita kalkulasi dead timenya. 

Dead time itu juga sangat penting, kalau terlalu lama smps/class-d akan loyo bisa juga menimbulkan noisy, kalau terlalu rapat mosfet bisa cepat panas dan short. Untuk menentukan waktu deadtime yang pas bisa menggunakan rumus ini. atau kalau menggunakan mosfet copotan margin % bisa ditamabh 1-2% lagi supaya lebih aman. tapi tidak kedodoran atau terlalu longgar. 

Dan yang mempengaruhi deadtime itu ada banyak faktor, dari switching speed, R set dead time jika ada, R gate, R gate source. mosfet driver yang digunakan, tegangan supply mosfet driver. Nanti akan saya coba rubah R gate nya saja bagaiaman perubahan bentuk sinyal jika kita merubah R gate saja dan apakah mempengaruhi dead timenya.

Yuk langsung saja kita coba, ini saya pasangi dahulu dari bawah jumperan supaya mudah untuk menyolokkan probe.

untuk r gate nya ini masih di 10ohm mari kita ukur. 


Post a Comment for "Cara cek sinyal gate mosfet Class-D maupun SMPS yang benar"