Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

EEEngine Slim

 


Hello Gais, divideo kali ini saya akan  mencoba power amplifier EEEngine lagi , akan tetapi Amplifier EEEngine berbeda dari sebelumnya yang menggunakan heatsink 3U namun menggunakan heatsink samping. dengan dimensi versi slim dan berikut ini PCBnya.

Ukuran pcb ini dengan panjang 34cm dan lebar 7cm. bisa menggunakan heatsing samping maupun dimodel heatsink bawah. untuk tegangan maksimalnya bisa 160VDC CT atau 320VDC + - dan minimalnya bisa 65VDC CT. untuk penggunaan tegangan 160VDC CT saya sarankan menggunakan transistor final MJL21194/93 yang berkualitas. kalau ini nanti saya supply dahulu menggunakan tegangan 130VDC CT, menggunakan transistor Final toshiba c5200 dan a1943 yang berkualitas.

oke langsung saja berikut ini kit driver yang sudah jadi tinggal pasang transistor final, buffer voltage, dan mosfet buffer current. diode clamping dan transistor servo bias.

untuk pemasangan komponen bisa diisi sesuai dengan pcb karena pcb sudah fix tidak perlu merubah rubah jalur, dan untuk watt resistor sesuaikan seperti gambar atau marking nya, yang paling kecil itu 1/4W, yang 1/4W diganti 1/2W boleh saja, tapi pemasngan nanti kurang rapi. transistor yang ada heatsinknya ini wajib dikasih heatsink supaya performa lebih maksiamal. kalaupun gak dipasang heatsink juga boleh. 

untuk bagian proteksi dan led indikator, saya buat modul, karena tempat desain pcb sudah gak muat. modul bisa  ditancapkan dan disolder langsung.

amplifier ini inputnya belum balance, ya karena sudah gak muat tempat di pcbnya. sebenarnya sudah saya buatkan rangkaian input balance nya , tapi tidak termodulkan ke pcb ya,  jadi ini terpisah. mungkin nanti saya test saja tanpa input balance.

dan berikut untuk transistor final seta mosfet nya sudah terpasang dengan heatsink. heatsink yang saya pakai ini heatsink 10 sirip yang saya potong tengah. supaya minimalis. kalaupun digunakan utuh malah lebih bagus. atau utuh langsung untuk 2 channel. untuk transistor final nya menggunakan 5 set toshiba c5200 dan a1943 japan. 2 set untuk buffer voltage, 3 set untuk final class ab nya.  dan yang lain sama yang termarking PCB. oke langsungn saja kita pasang ke power amplifier. 




Post a Comment for "EEEngine Slim"