Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki oscilloscope FNIRSI LCD Blank Sinyal Noise

 Helo gais divideo kali ini saya akan tutorial cara memperbaiki oskiloskop fnirsi 1014d yang sinyalnya full noise serta lcd nya yang mati. sebenarnya oskiloskop ini saya beli dari online shop dengan harga yang miring karena barang second dan kelihatannya barang masih mulus. ternyata setelah barang datang itu memang lcd masih menyala akan tetapi noise sinyalnya sangat tinggi di channel 1, itu bisa disebabkan r fuse yang ada di mainboardnya putus. dan saat itu tidak langsung saya bongkar saya biarkan mungkin kurang lebih 2 mingguan baru saya coba lagi ini, lha kok malah lcd nya gak menyala. setelah saya cek ternyata backlightnya yang mati. 

oke kita coba , saya pasang dulu catu dayanya, kemudian nyalakan, ini ada bunyi klik relay satu kali. dan daya input terbaca 4.4W. lcd kalau disorot cahaya dari depan kelihatan ada garis sinyal, coba saya matikan ada logo nya juga jadi lcdnya masih berfungsi, namun di kamera tidak kelihatan ya ini. karena silau cahaya.  ini bisa jadi led atau tegagan  pada backlight tidak bekerja.  kita bongkar dahulu oskiloskopnya.

buka 7 baut sekrup yang ada dibelakang. copot soket power input. disini ada bekas solderan entah kenapa.  dan untuk perbaikan oskiloskop ini cukup dimudahkan karena skemanya bisa didonload di deskripsi. 

disini untuk soket lcdnya, paling kanan itu pin nomor satu. dan untuk tegangan backlight ada di pin 1 2 tegangan + dan 3 4 tegangan -. 

kita tes berapa tegangannya yang ada di pin backlight,  kita masukan lagi catu daya 5V nya dan nyalakan ulang kemudian cek tegangan di pin 1 dan 3. ini hanya terbaca 5.1VDC, tegangan segini kurang untuk menyalakan backlightnya, karena backlight baru menyala redup itu di kisaran 7.5VDC kemungkikan backlight driver tidak bekerja.

untuk mengecek driver backlight ada di bagian catu daya didalam platnya ini. untuk melepas plat penutupnya ini. kita harus mencopot pcb dari panel nya. 

lepas semua baut yang ada di pcb.dan lepas kabel fleksibel LCD. kemudian lepas juga keseluruhan knob, lalu tinggal kita tekan saja dari depan pcb akan lepas dari panel depan.

lalu lepas plat penutup, panasi dengan solder sambil ditarik.

jadi yang ada dipenutup ini adalah rangkaian keseluruhan catu daya nya. untuk bagian driver backlicght ada di ic yang kakinya berjumlah 6 ini. coba kita lihat menggunakan microscope digital berapa seri icnya ini.

Untuk seri ICnya ini yaitu B11G8, lanjut akan saya tes lagi dan cek tegangan yang ada dipin pin nya. kita masukkan lagi tegangan supply 5V, kemudian untuk menyalakan bisa dijemper disini ke gnd. 

ini sudah keadaan menyala, kita cek lagi di pin backlight, masih 5.1V meski lcd dilepas. lanjut kita cek di bagian driver backlight di kaki 2 dan 6 itu harus ada sekitar 5V. kaki 6 untuk + dan 2 untuk -. ini tegangan ada 5.1V. jadi sudah oke kemudian kita cek pin 4 untuk enable tegangan dari output FPGA. ini saya cek sekalian menggunakan oskiloskope apakah berbentuk sinyal pulsa atau tegangan DC, 

probe gnd ke gnd dan + nya langsung ke pin 4. disini terbaca tegangan dc sekitar 3.2V. ini harusnya driver backlight nya sudah bekerja karena tegangan dari FPGA sudah ada tegangan + 3.2V atau sinyal high yang artinya pwm dari driver backlight sudah bekerja.  

Saya akan coba pasang lagi lcdnya, kemudian cek lagi di pin 4 ic apakah benar2 sudah keadaan high.

oke ini di pin 4 ic terbaca 3.2V. akan tetapi driver ic masih belum bekerja. bisa dipastikan ICnya sudah rusak. 

saya akan coba ganti icnya, dengan ic copotan juga entah ini berfungsi atau tidak karena ini saya ambil juga dari bekas oskiloskop fnirsi 1014d yang mati. kalau ini fpganya sudah rusak dan gak tertolong lagi.

oke ini saya sudah dapat ic copotan dengan seri yang sama, langsung saja kita pasangkan. ini sudah terpasang cek dahulu sambungannya apakah sudah benar. 

kita coba nyalakan lagi, dan ternyata masih nihil mungkin ic copotan ini juga sudah eror. output tetap di 5.1V di pin 1 ic tidak kluar switchingnya masih terbaca tegangan dc 5.1V,

selanjutnya akan saya coba langsung injek tegangan di pin backlight. apakah masih berfungsi juga led backlightnya. 

untuk injek nya langsung saya pasangkan ke fleksibel lcd dibagian sini. yang kanan untuk + dan kiri -.

ni saya injek tegangan 7.1V, di tegangan 7.1V led backlight belum nyala.  saya naikkan di 7.5V  ini sudah menyala redup.  ini 7.7V. 

saya coba nyalakan osciloscopenya, pasang kembali fleksibel lcd dan juga supply 5V . 

ini sudah keluar gambarnya, sementara backlight saya injek dari supply ekstrnal ya. saya coba naikkan tegangannya, ini di 9V sudah sangat jelas, tapi lcdnya cacat ini ada garis nya.

oke kesimpulannya ini memang kerusakan dari driver backlightnya. karena ic nya saya gak punya, daripada beli dari luar negri, saya pakai kit boost converter MT306 untuk menaikkan tegangan 5V ke 9V. kit ini universal minimal input 2V dan outputnya bisa kita pilih, ada 2  jumperan. untuk pengaturan output ke 9V jemper yang bagian atas. dan kaki 4 ic ini dilepas dari pcb, pin 4 ini nanti berfungsi untuk mengaktifkan boost konverternya yang di trigger dari output fpga. karena kalau pin 4 masih konek dengan tegangan + nanti saat stanby, oskiloskop belum dinyalakan boost converter sudah aktif duluan otomatis backlightnya sudah menyala sebelum ditombol on.

Dan untuk komponen bagian driver backlight ini akan saya lepas saja, terutama diode ss34 dan induktor, supaya nanti kit boost konverter pas ketika pentup nya dipasang.

lanjut kita lepas kabel injek ke fleksibel lcd. 

kemudian pasang jumperan di pin 4 ini,  ini berfungsi nanti yang mentrigger on boost konverternya.setelah itu pasang input tegangan boost converter, tegangan 5.1V ini bebas diambil dari mana saja. untuk tegangan + saya ambil disini di input induktor. dan tegangan min saya ambil dibagian sini.

kemudian untuk output min bebas disambung ke gnd plane. dan out plusnya di sambung ke katoda diode ss34 disini. 

oke ini sudah terpasang boost converternya kita tes pasang tegangan 5V, coba kita cek sebelum dinyalakan ,dinput  terbaca 5.1V output boost converternya terbaca 5V + -, kita coba nyalakan, relaynya sudah bunyi klik, di output sudah terbaca 9V, ini harusnya di pin backlight lcd juga sudah 9V, eh  ternyata belum ada tegangannya, saya lupa mecopot R 1ohm  di pin 3 yang dapat tegangan min, itu untuk tegangan - backlicght, jadi ini akan saya jumper saja pin 3 ke tegangan min. 

oke ini sudah saya jumper, kemudian kita coba lagi masukkan supply 5V, kita cek dahulu tegangan output boostconverternya ini terbaca 5.1V, dan dipin backlight harusnya 5.1V juga. nah ini sudah bener,

oke kita nyalakan, output boost sudah 9V dan pin backlight juga 9V. ini harusnya sudah menyala. 

nahhhh sudah menyala oke, kita coba matikan backlightnya juga sudah mati. jadi pin 4 MT306 kit boost converter wajib dilepas dari pcb dan dijumper ke pin 4 di mainboard osinya. kalau tidak dilepas ketika osi dimatikan backlightnya akan menyala terus.

selanjutnya kita tutup plat lagi lagi bagian power supply jangan lupa beri isolasi kit boost converter supaya aman gak short ke plat.  

sekalian karena lcdnya ini juga cacat saya ganti juga dengan tipe yang sama, seri lcdnya ini HT070DQB-27J5EK-HH, ini juga copotan dari osi yang sama. kalau teman2 menemui lcd osi ini yang rusak , bisa juga diganti dari lcd smart hafiz versi 1 itu ukuran sama dan pin2 nya juga sama serta jumlah pin nya juga 50pin.


kita coba lagi, ini sudah oke ya. kita pasang lagi semua knob. kita coba lagi, nah seperni ini ya, ini satu channel yang cacat ketika terminal gnd saya pegang sinyal terlhat noisy, kalau yang normal dipegang tidak keluar nois.

ini akan sya coba injek sinyal dari generator bawaan, nah seperti ini ya kalau diinjek dari generator bawaan sinyal masih kelihatan mulus ya. cuman ada sedikit nois tidak begitu kelihatan kalau diinjek dari generator bawaan. 

sekarang saya coba dari sinyal generator luar, 

nah baru kelihatan ya noise nya cukup tinggi, ini bisa dikarenakan r 10 atau 100ohmnya mungkin seudah melar atau putus ya. kita coba cek langsung, letak resistor ada didekat terminal bnc nya. 

kita coba cek resistornya. dibagian channel 1 yang cacat.

nah 2 resistor ini bisa kita cek,  di r 10 ohm ternyata sudah putus. dan yang 100ohm masih normal terbaca 100ohm, 

oke kita ganti dahulu yang 10ohm ini dengan ukuran dimensi 0602. tapi ini saya pakai resistor 0805 saja karena gak nemuin ukuran dimensi 0602. ini bisa juga dipasang resistor dengan nilai 0-10ohm, ini saya gunakan resistor nilainya 1ohm. tapi untuk pemakaian harus berhati-hati, jangan sampai gnd probenya konsleting karena beda referensi.

oke lanjut kita coba lagi, dan ini terminal gnd nya dipegang sudah gak ada noise, artinya sudah oke.

ini saya coba injek sinyal generator dari luar juga sudah bagus gak ada noise, ini ada sedikit noise karena saya pakai adaptor bawaan. ini saya coba adaptor yang lebih bagus, dan noisenya pun sudah gak ada. oke lanjut kita tutup lagi casing nya dan osciloscope sudah siap digunakan.

Trimakasih sudah menonton , semoga videonya bermanfaat jangan lupa untuk klik like share dan subscribe.

Download PDF Schematic FNIRSI

Firmware dan Flash 




 



1 comment for "Memperbaiki oscilloscope FNIRSI LCD Blank Sinyal Noise"

  1. It was very helpful. thank you!ありがとう❣

    ReplyDelete