Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Class AB Fullbridge

 


helo gais divideo kali ini saya akan membuat amplifier class-ab fullbridge G77 berikut skema rancangan dari bapak kartino surodipo , sebenarnya rancangan beliau sudah include stepper EEEngine, tapi ini saya ambil bagian class-abnya dulu untuk mengetes apakah bekerja dengan baik atau tidak bagian class-abnya. sebenarnya amplifier AB fullbridge ini sama juga dengan AB btl yang output tiap sisi amplifier dibalik phase 180derajat sehingga mendapatkan tegangan keluaran yang lebih tinggi daripada yang non btl atau halfbridge.  tpi  skema fullbridge ini sdikit berbeda dengan BTL yang ada dipasaran  karena feedbacknya menjadi satu saling terkoreksi, sehingga, bias dan dco lebih stabil serta damping factornya juga lebih tinggi. dan disini sudah saya tambahkan rangkaian proteksi dc offset, indikator sinyal, over temperature, input balance saya tambah buffer IC dual opamp bisa menggunakan tl072, ne5332, jrc4558 dan lainnya, dan supplynya menggunakan R shunt regulator yang saya ambil dari supply utama . dan amplifier ini bisa disupplay 45-90VDC CT.  nanti akan saya tes di 90VDC dan saya akan membuktikan apakah amplifier kelas AB fullbridge ini bisa keluar daya hingga 3000W dan berapa daya input DC maupun AC yang dibutuhkan, pastinya tinggi terlebih efisiensi klass ab kisaran 50-70% banyak daya terbuang oleh panas, 

berikut pcb layoutnya, ini saya layout dengan ukuran heatsink 2u 35cm. tiap sisi menggunakan transistor final 5 set. di pcb yang terbaru nanti sudah saya tambahkan otp atau over temperature protection. kalau yang perakitan nanti pcb masih tahap trial. dan disini sudah saya tambahkan optional limiter menggunakan Universal Clip Limiter nanti board limiter tertancap disini dan output untuk led lcr nya dijemper dibagian sini sudah saya tandai + dan - lednya. kalau tidak ingin menggunakan limiter, dibagian ldr sini bisa dijemper langsung. untuk resistor yang saya kotak i ini, sebisa mungkin nilainya keduanya, kalau melenceng atau perbedaan 30% biasanya bias akan selisih jauh, dan dco nya susah dijinakkan. dan usahakan menggunakan watt resistor yang sudah saya sebutkan kalau watt diatasnya boleh tapi dimensi nya terlalu besar.

dan untuk supply protektor 12V tegangan min nya ini bukan ikut ke gnd amplifier, jadi terpisah. karena tegangan min 12V itu konek ke tegangan min supply utama.

oke langsung saja kita cetak pcbnya di jlcpcb.com. kunjungi situs jlcpcb.com, login atau register akun jika belum punya, kemudian klik order now. upload file gerber yang akan dicetak kemudian tunggu hingga proses upload selesai, maka akan tampil pcb yang akan dicetak. kemudian pilih opsi pcb, kalau sudah klik save to cart. lanjut klik view cart setelah itu klik secure checkout. dan selesaikan pembayaran di halaman selanjutnya. dan berikut ini pcb yang datang dari jlcpcb.

PCB yang ini masih proses trial dan saya sudah merakitnya 2 kit, yang 1 kit  ini pcb nya sudah agak lusuh karena beberapa jalur sudah saya putus sambung, dan beberapa pad ada yang sampai copot karena kurang hati2 copot pasang komponen.   beberapa R pernah sampai gosong karena masih tahap uji coba. 





dan yang ini sudah fix beberapa komponen sudah saya ganti sesuai layout yang tadi. cuman ini blm saya tambahkan otp atau overtemperatur protection. dan limiternya ini sekalian juga sya tes apakah berfungsi dengan baik. kalau oke nantinya limiter pcb terbaru akan menggunakan ini, karena cukup simpel rangkaiannya dan bisa diaplikasikan ke semua kelas amplifier. oke lanjut kita coba dahulu kitnya ini.

Jadi kesimpulannya amplifier class-AB fullbridge ini bisa juga mengeluarkan daya di 3000W RMS asalkan daya inputnya bisa terpenuhi dan tegangan supply tidak drop banyak, di keluaran 3233W RMS daya input DC yang dibutuhkan 4583W dan tegangan supply drop hanya sekitar 9V +-, SMPSnya sangat top. tegangan AC drop di 196.1V Daya AC inputnya 4821W. 

Sehingga bisa didapat efisiensinya untuk amplifier 3233W/4583Wx100% yaitu 70.5%

dan untuk smpsnya 4583W/4821W yaitu 95%. jadi daya yang terbuang banyak di amplifiernya. daya yang terbuang karena disisipasi daya lalu, lalu apakah masih aman menggunakan 10 transistor toshiba 2sc5200 2sa1943? kalau dites diatas meja ini masih sangat aman, suhu setelah saya load beberapa resistansi beban tadi, tidak mencapai 55derajat, dan saya beri kipas dibelakang ukuran 6x6cm 1 biji. untuk tes lapangan  bisa menggunakan kipas 8 x8 cm hisap buang, supaya lebih bagus pendinginannya.  

Untuk mendapatkan daya yang besar memang perlu pengorbanan daya yang banyak juga untuk amplifier class-AB fullbridge ini untuk selanjutnya akan saya tambahkan stepper EEEngine untuk efisiensi yang lebih bagus, karena amplifier ABnya sudah sukses tahap test load dan sinyal masih mulus sampai clip. 

dan untuk cek soundnya bisa dicek divideo saya sebelumnya. 

Trimakasih sudah menonton video saya jangan lupa untuk klik like share dan subscribe.


Post a Comment for "Class AB Fullbridge"