Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inverter 220V Puresinewave 1500W

Hello gais divideo kali ini saya akan membuat mini inverter puresinewave dengan menggunakan kit spwm EGS 002 sberikut skema kit inverter yang akan kita buat nanti. pwm atau spwmnya sya menggunakan modul egs output pwmnya saya tambah totem supaya nanti bisa juga digunakan untuk mosfet mosfet berat. untuk mosfetnya menggunakan 4 buah mosfet N channel. kemudian outputnya masuk ke primer trafo stepup karena ini mode low freq atau LF jadi trafo menggunakan trafo besi dan hanya satu stage saja. kemudian output didckan menggunakan diode fr107 masuk ke feedback dan bisa diadjust ditrimpot R36. untuk adjust tegangan outputnya . dan untuk ocp saya matikan saja . untuk supply nya ini bisa menggunakan baterai 12 sampai 24V. kalau ingin menggunakan tegangan diatas 24V regulator 7812 bisa diganti buck step down. 

Dan berikut pcb layout nya 8x10cm dengan 2 layer . 

D

Untuk cetak pcb nya bisa mencetak pcb di jlcpcb menggunakan file gerber yang saya share , kemudian masuk ke akun jlcpcb lalu. 

klik order now. kemudian add gerber file, pilih file gerber yang akan dicetak. tunggu upload file sampai selesai, maka akan terlihat gambar pcb tampak atas dan bawah. 

Dimensi pcb akan terisi otomatis. kemudian pilih opsi pcb yang diinginkan. kalau sudah klik save to cart.

Kemudian pergi ke keranjang,   lakukan pembayaran dengan mengklik secure checkout. 


lalu selesaikan pembayaran dengan memilih alamat dan metode pengiriman , untuk pembayaran bisa menggunakan kartu kredit, debit visa atau paypal. lalu klik pay, ok kita tinggal tunggu duduk manis dirumah sampai pcb datang. :)

dan berikut pcb dari jlcpcb sudah sampai rumah. disini  saya cetak langsung 50pcs. 

Harganya cukup murah. dengan kualitas pcb yang bagus, dan pengiriman saya tidak menggunakan dhl maupun fedex tapi menggunakan pengiriman yang paling murah. 

kira2 mulai dari awal upload gerber sampai datang dirumah kira2 sampai madiun sekitar 2 minggu. 

oke tanpa perlu panjang lebar langsung saja kita rakit. persiapkan komponen langsung saja dirakit sesuai label yang ada di pcb.


untuk mosfet saya menggunakan 4x mosfet irfp4568 , dan yang tengah kecil ini untuk ntc sepuluh kilo ohm fungsinya sebagai sensor panas yang menempel ke heatsink, 

jika suhu heatsink diatas empat puluh derajat celcius, maka kipas nantinya akan menyala. pada kaki ntc saya slongsong kabel anti panas supaya tidak short kaki ke heatsink.

Untuk penggunaan kipasnya ini saya revisi untuk opsional pemilihan kipas yang dipakai khusus yang menggunakan baterai 24V. kalau menggunakan baterai 12V bebas dijumper yang mana. 

Untuk trafonya saya menggunakan trafo bekas ups.  trafo juga bisa menggunakan trafo step down dipasaran asalkan tegangan 0, bukan yang ct, dan tegangan sekunder jika diinput ac listrik rumah dua ratus duapuluh volt itu masih dibawah tegangan baterei

pasang primer trafo pada lubang A dan B dibolak balik bebas, tetapi salah satu saya seri induktor, dengan induktansi skitar 50uH - 100uH , induktor bisa menggunakan induktor yang dipakai di class-d , seperti 77074A7 MS157-60. lilitan bisa menggunkan kawat tembaga atau kabel seperti ini, ini saya menggunakan kabel 4mm.

kemudian pasang output atau sekunder trafo ke pcb dengan label lubang C dan D, ini dibolak balik pemasangannya juga bebas.

Untuk input baterei, kabelnya saya solder langsung PCB, sebenar menggunakan bautpun juga bisa, karena lubangnya cukup besar dengan diameter 6mm.

Oke langsung saja kita tes, ini saya menggunakan baterei lifepo4. 8 baterei saya susun seri tegngan terbaca 26.6V. 

Oke sebelum sklar saya nyalakan, nanti akan saya bandingkan sinyal sinus dengan tegangan ac listrik rumah, saya menggunakan osciloscope tektronix ths tiga kosong empat belas, semua channel terisolasi jadi bebas tiap channel mau buat ngukur apa saja. kalo oskiloskop pada umumnya non isolated, jangan coba coba mengukur 2 sumber tegangan tinggi secara langsung seperti ini. garis biru untuk tegangan listrik dan kuning output inverter.

 kita naikkan dulu dengan memutar trimpot adjust adjust tegangan, saya set di dua dua nol vol, sinusnya tampak lebih mulus, dari sinus ac pln. sebenarnya yang inverter ini mulus akan tetapi daya nya mungkin tidak terlalu tinggi, saya cuma butuh kecil2 an saja . karna ini nantinya mau saya gunakan untuk menyalakan alat alat instrument yang ada di meja saya. nanti akan saya coba tes untuk menyalakan bor empat ratus watt. untuk idle current nya memakan arus sekitar .4-.6A. 

jadi seperti itu untuk perakitan kit inverter low freq mini egs2, semoga videonya bermanfaat, jangan lupa klik like share dan subscrube trimakasih.

Post a Comment for "Inverter 220V Puresinewave 1500W"