Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara BTL ammplifier OCL SMD Nano nano


 Hello gaisdivideo kali ini saya akan merakit power ampli ocl yang PCB nya ada divideo tutorial SMT assembly, PCB dari JLCPCB sudah datang  dan berikut PCB beserta komponen SMD yang tersolder. PCBnya glowing, dan solderan komponen SMDnya juga rapi. komponen yang terpasang sesuai yang kita pilih kemaren, pas gak kurang gak lebih. Komponen yang terkecil saya menggunakan R berukuran 0402 panjang satu mili dan lebar 0.5 mm, ini kalo nyolder komponen segini kecilnya pasti susah.  PCB nya ini saya panelize 2x2 , satu  keping pcb bisa jadi 4 amplifier mono. Nanti akan saya BTL , 2 amplifier jadi satu mono.

Oke lanjut, persiapkan komponen througholenya.

 Transistor final menggunakan toshiba C5200 dan A1943  per mono satu set transistor final,  Elco menggunakan 100uF 100V, tr vas menggunakan MJE340, Tr driver menggunakan C4792 pasangannya A1837, trimpot bias dan DCO menggunakan trimpot multiturn, supaya lebih mudah untuk mengatur DCO maupun bias, nilainya bisa disesuakan PCB atau ditawar juga boleh tapi jangan terlalu jauh. 

Oke saya rakit dahulu.

Sebelum lanjut videonya saya akan berbagi tips lagi cara order SMT assembly di JLCPCB, apa itu layanan  SMT Assembly?

oke kita lanjut lagi.

Heatsink dengan ukutan panjang 6.5cm lebar 3cm dan tebal 5mm

Kitnya sudah jadi lengkap dengan heatsink,heatsink ukuran segini masih kurang sebenarnya, kalau main di 90V DC CT sangat rawan jebol meski main di 8 ohm,  nanti akan sya supply skitar 65VDC CT saja, masih aman di 8 ohm kalau 4 ohm test load continue nya  jg rawan, tapi kalau untuk musik masih bisa main di impedansi 4 ohm.

untuk kabelnya, solder langsung di lubang yang sudah saya tandai -VSS untuk tegan supply min , GND untuk ground, dan +VCC tegangan _supply +. kabelnya ini saya paralel antar kit biar lebih mudah pemasangan ke power supply,

untuk kabel speaker outputnya berlabel + SP atau E, karena ini nanti saya mode BTL, jadi out speaker kanan kiri jadi + dan -. 

Cara membtl amplifier ini tanpa menambahkan preamp BTL ckup dengan tmbahan resistor, pertama tama tandai dahulu amplifier bagian out - dan + supaya lebih mudah, pda bagian input speaker - dijumper ke gnd atau bisa langsung disolder seperti ini. kemudian tambahkan resistor 33K diseri 4K7, kenapa tidak 39K saja ? yang pas dan paling mendekati outputnya bisa balance nilainya 33Kseri 4K7. kalau kekecilan atau nilainya terlalu tinggi maka outputnya bisa tinggi sebelah seperti ini. jadi kalau diukur menggunakan voltmeter ac dan diinjek sinus, tegangan output sebisa mungkin sama antar speaker + dan min ke gnd. 

pemasangan resistor ini yang bagian + disolder ke jalur out speaker, dan yang bagian speaker min bisa ke kaki basis tr ini atau di kapasito bagian sini. 

kalau sudah jadi maka outnya akan balance, clip bisa bareng seperti ini. 


Lanjut kita coba test load, untuk catu dayanya saya menggunakan SMPS syaelend tech 65VDC CT Dual non regulasi, ini smps keluaran lama, yang terbaru ada yang 65VDC CT dimensi lbih kecil dan cukup untuk amplifier ini.

pasang kabel supply ke smps. saya tambahkan juga dc voltmeter untuk memantau tegangan supply referensi ke ct.

pasang kabel input, ini sudah saya tmbah pot50K, dan input tes dari audio generator.

untuk beban nya saya pasang di 8 ohm, untuk 4 ohm masih rawan jebol kalau dites dengan sinus kontinyu, tapi untuk pemakaian speaker dan untuk musik bisa digunakan diimpedansi 4 ohm asalkan dipasang kipas, jadi tidak akan saya tes di 4 ohm ini nanti, mungkin nanti kalau sudah ditambah final dan heatsink yang lebih besar akan saya tes di tegangan 90VDC dengan beban 4 ohm,

untuk pengukuran saya pasang voltmeter ac + dc dual display, osciloscope untuk melihat sinyal keluaran, dan tang amper untuk melihat arus keluaran.

Input ac PLN juga saya pantau , nanti juga bisa dikalkulasi Efisiensi amplifier dengan smps.

kita nyalakan dahulu smps nya, set dco seminim mungkin dengan memutar trimpot DCO, untuk biasnya ini saya maksimalkan, saya putar kekanan mentok, nanti kalau sudah paralel bisa diset lagi biasnya.

oke langsung saja kita buka volumenya berapa daya yang bisa dihasilkan, 

tegangan dan arus tertinggi yang didapat 66.78V dengan arus 8.2A daya yang dikeluarkan yaitu 547W supply drop di 55V DC, daya listrik yang dikeluarkan 880W, jadi efisiensi amplifier 547/880x105 yaitu 62% untuk efisiensi nya, supply menggunakan SMPS,  kalau menggunakan trafo besi mungkin akan lebih rendah.

Kalaupun amplifier ini bisa mengeluarkan daya 2500W di 4 ohm mirip seperti class-d fullbridge, input AC PLN yang dibutuhkan bisa sampai 4000W kalau efisiensi 62%.

Lanjut saya tes suara nya , beban saya pindah ke speaker, saya menggunakan speaker berimpedansi 4 ohm. 

kit amplifier ini bisa digunakan untuk speaker12 sampai 15 in dengan maksimal.  catu daya bisa menggunakan 65VDC minimal 1000W. PCB dengan komponen SMD yang sudah tersolder bisa diorder dilink berikut: https://shopee.co.id/product/17350198/18025976278?smtt=0.17351534-1660230153.9

Post a Comment for "Cara BTL ammplifier OCL SMD Nano nano"