Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

OCL Driver + Paralel transistor final

Dipostingan kali ini saya akan berbagi file PCB Layout Paralel Final Transistor Amplifier, PCB ini berfungsi untuk memaralel transistor final amplifier khususnya Class-AB dimana tujuan untuk memaralel transistor final supaya daya yang dihasilkan power Amplifier bisa lebih besar. misalkan kalau menggunakan transistor final satu set dengan transistor final 2SC5200 dan 2SA1943 dan tegangan catu daya 80-90VDC CT, maka transistor satu set hanya akan mampu di beban 8 ohm, jika semakin kecil maka transistor final akan rawan rusak. dikarenakan jika beban 4 ohm maka arus keluaran pun bisa mencapai 10A lebih, dan ini tidak direkomendasikan untuk amplifier yang menggunakan transistor 2SC5200 dan 2SA1943 kalau hanya satu set, dikarenakan pengoperaian transistor kurang aman.

Maka solusinya bisa ditmbahkan atau diparalel transistor finalnya. untuk memaralel transistor final power amplifier class AB itu cukup mudah beda dengan power amplifier class-D, banyak yang harus diperhitungkan untuk menambahkan transistor final, jadi tidak asal memaralel transistor final untuk power amplifier class-D. Untuk Class-AB jika transistor final diparalel, hal yang perlu diperhatikan adalah bias, bias harus dicek lagi, seti B E skitar 300-600mV,  kalau terlalu tingggi bias maka final transistor akan panas, jika terlalu kecil maka suara akan loyo. dan bias diusahakan seimbang antar + dan - atau 2SC5200 dan 2SA1943 transistor.

Berikut PCB Layout Paralel Transistor Final


PCB diatas di dedesain dengan jalur dual layer, transistor final memang dibuat agak mepet sehingga panas yang dihasilkan dan yang akan ditransfer ke pendingin aluminium akan lebih merata.  Untuk penggunaan R Basis bisa menggunakan 4R7-10R 1/4-1W Resistor dan R Emiter gunakan 0.22-0.56 Ohm karen dua resistor tersebut saya paralel, gunakan Watt resistor kisaran 2-3W, kalau 5W tidak akan muat dipasang di PCB.

Dan PCB Layout tersebut bisa teman-teman download di akhir postingan,  dengan format file gerber. kemudian PCB gerber bisa dicetak di JLCPCB.

Untuk cara cetak PCB di JLCPCB dengan file gerber yang sudah didownload bisa ikuti cara berikut ini.

Kalau PCB sudah siap, bisa langsung dirakit dan dipasangkan ke driver power amplifier, berikut gambaran power amplifier OCL dengan tambahan final transistor sebanyak 8 set 2SC5200 dan 2SA1943.

Super Mantab kan.

Dan amplifier tersebut kuat jika diberi tegangan catu daya 90VDC CT dan diberi beban 2 ohm, kalau 1 ohm maka akan lebib mantap.

Download

PCB Gerber Paralel final transistor

Post a Comment for "OCL Driver + Paralel transistor final"